Minggu, 16 Agustus 2020

First Honda Civic Type-R

 

 

Dari Honda CIvic Generasi Pertama. semua orang menganggap mobil yang irit bensin akan selalu membosankan. Namun hal tersebut berubah ketika honda civic generasi pertama meluncur Honda mampu membuat mobil ekonomi yang "Fun To-Drive.", lalu mereka meluncurkan lagi civic generasi kedua,ketiga,dan keempat. Tidak ada yang gagal membuat jurnalis mobil diseluruh dunia kaget dan terkesan pada mobil ini.

Namun Honda belum membuat mobil mereka yang paling garang diantara civic-civic lainya, Type-R. Siapa sangka satu perpaduan kata dari satu lambang dapat mengubah segalanya. Pada Generasi Ke-enam Honda meluncurkan variant Type-R yang dijuluki dengan kode EK-9. 

EK-9

 

Mobil kecil ini mempunyai chasis dan suspensi yang telah dibuat Honda supaya cepat di sirkuit balap dan mengesampingkan segalanya. Dilengkapi close ratio transmission dan mesin 4 silinder berkode B16B, berkapasitas 1.6 liter, dapat mengaung hingga 9000Rpm, dengan 182 tenaga kuda dan Torsi sebanyak 160 Nm, mungkin tidak terdengar banyak, namun dengan berat bodi 1.090kg mobil ini dapat melesat dari 0 ke 97 km/h (0-60mph) engan waktu 6.7 detik. Mobil Ini membuat banyak jurnalis mobil terkagum-kagum. Mobil ini mempunyai beberapa kesamaan dedngan saudarnya yaitu Honda Integra yang nantinya akan diberhentikan prouksi pada generasi ke 5 dengan kode chasis (DC5). Hona Civic EK-9 ini mencetak waktu di sirkuit Tsukuba dengan waktu 1:09.48.

      Honda Civic EK-9 ini merupakan salah satu karya Engineering terbaik, bahkan sampai saat ini  Honda Civic Type-R masih dilanjutkan dengan Honda Civic Generasi ke sepuluh saat ini.



 

0 komentar:

Posting Komentar